Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Indonesia Lebih Beruntung dari China dan India

Kompas.com - 19/03/2014, 13:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pedagangan Muhammad Lutfi mengatakan, ada tiga keuntungan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara berkembang besar lainnya seperti China dan India. Keuntungan tersebut mencakup pasar, konsumen, dan produsen.

"Pertama (keuntungannya), Indonesia memiliki pusat perbelanjaan yang banyak dan sangat modern, hampir di seluruh negeri sebagai respon daya beli yang meningkat sangat cepat. Kedua, Indonesia memiliki karakter konsumen yang tergolong "sophisticated" tapi sangat nasionalis. Ketiga, produsen yang kreatif, yang bersinergi dengan pembeli luar negeri," kata Lutfi dalam pembukaan Sosialisasi Permendag No 70 Tahun 2014 di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (19/3/2014).

Keuntungan tersebut menurut Lutfi merupakan pembeda Indonesia dengan negara berkembang besar lainnya. "itu keuntungan Indonesia saat ini dibandikan dengan negara berkembang besar lainnya seperti China dan India," katanya.

keuntungan itu juga seharusnya membuat pasar dalam negeri tidak akan mudah dipenetrasi barang impor. Bahkan menurutnya, produsen dalam negeri dapat memenuhi aspirasi konsumen Indonesia.

Muhammad Lutfi menghadiri acara sosialisasi Permendag nomer 70 tahun 2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com