Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Isyaratkan Segera Naikkan Suku Bunga

Kompas.com - 20/03/2014, 03:56 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menyatakan akan segera menaikkan suku bunga acuan dari rekor terendah yang selama ini dipatok.

Bank sentral juga mengatakan akan melanjutkan pemotongan kucuran stimulus pembelian obligasi. Nilai pemangkasan pun meningkat dari 10 miliar dollar AS menjadi 55 miliar dollar AS. The Fed berpendapat ekonomi Amerika saat ini cukup kuat untuk memperbaiki pasar kerja domestik.

Meski demikian, The Fed menegaskan masih akan tetap menjaga suku bunga acuan berada pada level yang rendah untuk mendukung perbaikan ekonomi. The Fed tak lagi menyebutkan target angka pengangguran tertentu yang akan mendorong mereka menaikkan suku bunga acuan.

Dalam pertemuan Rabu (19/3/2014), The Fed mengatakan, memantau beragam informasi terkait pasar kerja dan inflasi sebelum menyetujui perubahan suku bunga.

Keputusan ini merupakan kebijakan moneter pertama yang dikeluarkan The Fed pada masa Janet Yellen menjadi gubernur. Yellen menggantikan Ben Bernanke yang mengakhiri masa tugasnya pada akhir Februari 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com