Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek RFID Mangkrak, Rupiah Jadi Kambing Hitam

Kompas.com - 20/03/2014, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pencatatan pemakaian konsumsi BBM bersubsidi, Radio Frequency Identification (RFID) hingga saat ini seakan mogok di tengah jalan.

PT Pertamina (Persero) sebagai pemrakarsa dari proyek tersebut belum mengembangkan kembali alat yang akan dipasangkan di mobil pribadi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menjelaskan, alasan proyek RFID tidak berjalan, karena harga komponen yang berasal dari luar negeri menjadi sangat mahal. Hal itu disebabkan oleh nilai mata uang rupiah yang melemah terhadap dollar AS.

"Ya keburu dollar naik perhitungan berubah, intinya kesulitan," ujar Dahlan usai rapat pimpinan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia di Graha Niaga, Kamis (20/3/2014).

Dahlan menyerahkan masalah proyek RFID kepada Pertamina dan PT Inti sebagai produsen. Jika tidak ingin dilanjutkan proyek RFID, Dahlan santai. "Keberlanjutan RFID Kalau mau dilanjutkan, ya dilanjutkan," ungkap Dahlan.

Mantan Dirut PT PLN itu mengungkapkan saat ini Pertamina dan PT Inti ingin memakai skema perhitungan harga RFID yang lama. Namun hal ini masih menjadi masalah untuk harga produksi dan pemasangan.

"Dengan harga lama. Ini sedang dibicarakan, ini nggak lama. Tapi ini harus diselesaikan perhitungannya," papar Dahlan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com