Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Asing Banyak Tanyakan Figur Jokowi

Kompas.com - 20/03/2014, 17:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Deklarasi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden ternyata juga diperhatikan oleh investor asing yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia.

Pertanyaan mengenai sosok Jokowi pun banyak diajukan oleh investor asing. "Mereka menanyakan tentang Jokowi. Menurut investor Jepang, mereka memandang Jokowi bagus karena proyek-proyek infrastruktur di Indonesia banyak dibiayai agensi Jepang. Mereka lihat proyek bisa berjalan cepat," ujar Managing Director of Global Market HSBC Indonesia Ali Setiawan di Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan, para investor di luar negeri memandang Jokowi sebagai pemimpin yang tidak banyak basa-basi dan cepat dalam menjalankan sesuatu sehingga mereka melihat ini sebagai sebuah kesempatan untuk berinvestasi di Indonesia.

"Sentimen investor terhadap Jokowi sangat positif. Mereka jadi sangat cofindent investasi di Indonesia," ujar Ali.

Ali mengatakan, secara umum ia banyak bertemu investor yang bertanya tentang sosok Jokowi. Umumnya mereka tertarik dengan mantan Wali Kota Surakarta ini. Para investor menunjukkan keyakinannya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Mereka lihat foreign direct investment akan cukup yakin diinvestasikan di Indonesia. Mereka lihat kalau sampai ada indikasi dia (Jokowi) jadi presiden, sentimennya akan cukup positif ke pasar," ujar Ali.

Namun, Ali mengatakan, terkait perkembangan investasi di Indonesia tahun ini, investor masih akan menunggu hasil pemilu mendatang dan kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintahan baru.

"Mereka akan belajar kembali bagaimana policy pemerintah baru untuk investasi besar-besaran belum terlalu. Mereka lihat perkembangan politik di Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com