Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hadiri Rakor, Hatta Rajasa Sindir Syarief Hasan

Kompas.com - 20/03/2014, 19:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyindir sejumlah pejabat kementerian teknis yang lebih mementingkan kampanye ketimbang mengurusi kewajibannya sebagai pejabat negara.

Hal itu dia sampaikan, menjawab pertanyaan wartawan atas absennya Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan. Padahal rapat koordinasi kali ini membahas hal penting, yakni beralihnya pengelolaan dan pengawasan anggaran Kredit Usaha Rakyat dari Kementerian Keuangan ke Kemenkop dan UKM.

"Enggak tahu saya. Pokoknya Menko kerja terus, meski mengurus partai juga. Saya tetap kerja. Coba lihat nih, rakor terus saya," ujarnya Kamis (20/3/2014).

Sebagaimana diketahui, Hatta Rajasa juga tengah mencalonkan diri menjadi Presiden dalam pemilu tahun ini. Namun, kepada wartawan dia justru balik bertanya kapan dia berkampanye.

"Saya kan rakor terus, kapan kampanyenya? Saya dahulukan kepentingan ini. Serius ini," kata dia. "Kawan-kawan enggak pernah bisa dapatkan jawaban soal politik kalau saya lagi begini (rakor). Dan saya konsisten untuk itu," sambungnya.

Rapat koordinasi yang juga dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut memutuskan anggaran KUR akan dikelola oleh Kemenkop dan UKM. Sejak 2010 anggaran KUR dikelola Kementerian Keuangan.

Ditanya kenapa kewenangan dialihkan mendekati pemilu, Hatta hanya menyatakan bahwa hal itu atas rekomendasi Badan Pengawas Keuangan (BPK). Hatta juga mengatakan, pengelolan anggaran KUR juga akan efektif pada 2015. Namun, ia berharap Oktober 2014 ini pengalihan sudah selesai.

"Itu kan jalannya bukan sekarang. Jadinya setelah pemilu. Sekarang kan persiapannya, jadi bukan berlaku sekarang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com