Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Klaim 54.500 Desa Nikmati PPIP

Kompas.com - 24/03/2014, 18:24 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menjalankan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP)  untuk membangun jalan desa, jalan pertanian, sarana irigasi dan lain sebagainya.

"PPIP ini jadi program yang sangat disenangi bupati, lurah, dan masyarakat desa," ujar Djoko, di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Djoko menuturkan, hingga 2013 lalu sudah ada 54.500 desa yang menerima PPIP. Sekadar informasi tahun lalu saja, ada 6.640 desa sasaran PPIP dengan total nilai bantuan mencapai Rp1,66 triliun.

Nilai bantuan itu berdasarkan jatah hibah untuk setiap desa PPIP mencapai Rp250 juta. Djoko menambahkan, dalam proyek PPIP pemerintah atau Kementerian PU tidak turut campur tangan. Anggaran diserahkan kepada satuan kerja (satker) yang ada di lapangan.

"Mereka sendiri yang mengoperasikan dan memanfaatkan uang itu untuk apa," ujarnya.

Sementara itu, ditanya soal dana bantuan sosial, Djoko menyebut Kementeriannya tidak pernah memberikan bantuan uang. "Yang ada adalah bantuan program, seperti untuk irigasi perdesaan, jalan desa, irigasi desa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com