Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Ekonomi ASEAN Peluang Bagi Asuransi Indonesia

Kompas.com - 25/03/2014, 10:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengatakan, kesiapan antar sektor bisnis untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 harus dipacu, agar dunia usaha mampu berkontribusi positif dalam perekonomian RI, termasuk industri asuransi.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengaku subsektor asuransi masih perlu diperhatikan lebih agar mampu tumbuh kembang dengan baik seperti sektor keuangan lainnya.

"Guna memperkuat peran industri asuransi dalam pembangunan ekonomi, kita memang memerlukan adanya kepercayaan timbal balik antara industri asuransi dengan konsumen yang diatur oleh sistem legislasi yang baik," kata Suryo di Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Lebih lanjut, Suryo mengungkapkan, jaminan kepastian dalam asuransi jika diperankan dengan benar, maka asuransi akan dapat menciptakan kepastian dalam investasi dan keberlangsungan usaha.

Di samping itu, asuransi juga seharusnya dapat menjamin kepastian perlindungan terhadap kehidupan sosial dan tenaga kerja.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani mengatakan peluang asuransi dalam MEA memiliki potensi yang cukup besar. Ini karena selain pasar Indonesia yang sudah besar, akan ditambah lagi dengan penduduk negara-negara ASEAN lagi.

"Ini peluang bagi perusahaan asuransi Indonesia juga untuk mencoba melakukan ekspansi ke negara-negara ASEAN lainnya. Ini kesempatan untuk bermain di tingkat regional," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com