Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

43 Tahun di Indonesia, Toyota Ekspor Perdana Mobil Sedan

Kompas.com - 26/03/2014, 11:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan mengekspor salah satu produknya yaitu Toyota Vios ke negara ASEAN dan Timur Tengah.  Hal ini merupakan ekspor sedan yang pertama dilakukan Toyota sejak beroperasi di Indonesia pada tahun 1971.

"Sepanjang perjalanan kami selama lebih dari 40 tahun beroperasi di Indonesia, Ekspansi ekspor Toyota ini merupakan wujud kerja keras dan tekad kuat 7.600 karyawan. Kami sangat bangga atas percapaian ini," ujar Masahiro Nanomi, Presiden Direktur PT Toyota Manufacturing Indonesia di Karawang, Rabu (26/3/2014).

Rencananya, Toyota akan mengekspor Vios ke berbagai negara yaitu Brunei Darussalam, Singapura, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordanian, Lebanon, dan Yaman.

Pada tahap awal ini Toyota akan mengekspor sekitar 1.000 unit Vios per bulan, dan akan meningkat secara bertahap menjadi 3.000 per bulan.

Nanomi mengatakan, ekspor Vios ini akan berkontribusi pada neraca perdagangan Toyota Indonesia sekaligus menunjukan komitmen Toyota meningkatkan aktifitas ekspor Indonesia.

"Saya sangat senang menyampaikan bahwa ekspansi ini juga sekaligus menunjukan keberlanjutan komitmen Toyota untuk meningkatkan aktifitas ekspor seiring semangat kami untuk tumbuh dan berkembang bersama Indonesia melalui pengembangan industri otomotif dan perekonomian Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Toyota Indonesia sudah memulai produksi pada akhir tahun 2013 di Pabrik Karawang II. Pabrik tersebut menelan investasi sebesar Rp3,3 triliun dengan kapasitas produksi sebesar 130.000 unit per tahun.

Ekspor perdana Toyota Indonesi dilakukan tahun 1987 dengan mengirimkan Kijang Generasi ke-3 ke Papua Nu4ni dan bebeqapa negara di kepulauan Pasifik seperti Fiji Dengan volume ekspor sekitar 50 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com