Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DBS: Investasi Akan Membaik

Kompas.com - 26/03/2014, 15:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Bank DBS Gundy Cahyadi optimistis pertumbuhan investasi di Indonesia akan membaik pada semester II 2014. Menurutnya, pemulihan rupiah mengembalikan kepercayaan yang dibutuhkan para pebisnis dan akan meningkatkan prospek pertumbuhan investasi. Gundy memandang ada tanda-tanda pemulihan investasi yag telah terjadi di awal tahun ini.

"Impor barang modal, misalnya, telah berhasil meningkatkan pertumbuhan sebesar 0,9 persen year on year pada bulan Januari. Tidak ada perubahan besar, tapi setidaknya penurunan tahun lalu tampaknya telah tertahan," kata Gundy di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Gundy yakin pertumbuhan investasi akan membaik dengan didukung stabilitas nilai tukar rupiah.  Dengan demikian, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014 dapat mencapai 6 persen. Menurutnya, pemulihan dalam pembelanjaan investasi akan membentuk dasar pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada akhir tahun ini.

"Sementara ini, kita mempertahankan perkiraan pertumbuhan PDB 2014 sebesar 6 persen year on year. Kenapa 6 persen? Karena kemungkinan pertumbuhan investasi meningkat," ujarnya.

Tahun 2013 lalu, lanjutnya, investasi jatuh signifikan karena ada unsur pelemahan rupiah. Sehingga, pihak-pihak yang harus mengimpor barang modal seperti mesin melihat harga mesin menjadi mahal sehingga ekspektasi bisnis pun menjadi terlambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com