Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pasar Terbesar Bandara Changi

Kompas.com - 28/03/2014, 11:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia terus menjadi pasar terbesar bagi Bandara Changi Singapura, dengan lebih dari 7,4 juta penumpang yang melewati Changi Airport selama 2013. Jumlah itu naik 8,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Pada tahun 2013, Changi Airport menunjukkan performa kuat dan menciptakan standar baru dalam hal lalu lintas penumpang dan pergerakan pesawat terbang, yaitu menangani 53,7 juta penumpang dan 343.800 pendaratan dan keberangkatan sepanjang tahun," sebut CEO Skytrax Edward Plaisted dalam keterangan resmi, Jumat (28/3/2014).

Pertumbuhan lalu lintas penumpang di Changi Airport pada tahun 2013 didorong oleh tingginya pariwisata di kawasan Asia Pasifik. Lalu lintas ke Asia Tenggara dan Asia Timur-Laut, yang mencapai hampir 70 persen dari total lalu lintas Changi Airport, masing-masing mencatat peningkatan sebesar 8,2 persen dan 7,0 persen.

Sementara Chief Executive Officer Changi Airport Group, Lee Seow Hiang,  mengemukakan, perjanjian bilateral layanan udara antara Singapura dan Indonesia yang dimulai pada Februari 2013 telah membawa peluang baru untuk bertumbuh.  "Rute Singapura-Jakarta, menjadi rute penerbangan tersibuk kedua di dunia," sebutnya seperti dikutip Warta Kota.

"Maskapai penerbangannya juga menambah layanan ke dan dari kota-kota sekunder yang semakin bertumbuh seperti Bali, Medan dan Surabaya, sehingga para penumpang dari kota-kota tersebut dapat menikmati pengalaman transit yang luar biasa dan memiliki pilihan tujuan yang lebih banyak yang dapat dicapai melalui Singapura," paparnya.

Pada 2013, Jakarta kembali menempati urutan pertama dalam daftar rute penerbangan tersibuk untuk Changi Airport.  Rute Denpasar, Bali juga tetap sangat popular bagi wisatawan, dengan mencatat peningkatan tajam sebesar 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sehingga menjadikannya sebagai rute penerbangan dengan pertumbuhan paling cepat dalam daftar rute top 10.

Bandara Terbaik Dunia

Changi sendiri terpilih menjadi Bandar Udara Terbaik Dunia (World’s Best Airport) oleh para penumpang selama dua tahun berturut-turut dalam  acara “2014 World Airport Awards” yang berlangsung di Passenger Terminal EXPO, Barcelona, Spanyol.

“Keberhasilan memenangkan penghargaan bergengsi ini untuk dua tahun berturut-turut membuktikan bahwa Changi Airport lebih dari sekadar bandar udara biasa. Changi Airport menawarkan pengalaman wisata tersendiri dan terus meningkatkan standar kualitasnya untuk menjadi bandar udara terfavorit di seluruh dunia," sebut Plaisted.

Adapun 10 bandar udara terbaik dunia untuk tahun 2014 adalah: Singapore Changi Airport pada urutan pertama, diiukuti oleh Incheon International Airport, Munich Airport, Hong Kong International Airport, Amsterdam Schiphol Airport, Tokyo International Airport (Haneda), Beijing Capital International Airport, Zurich Airport, Vancouver International Airport, London Heathrow Airport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com