Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Tolak Tutup Keran Impor

Kompas.com - 28/03/2014, 11:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran produk-produk pertanian tahunan atau Agrinex Expo 8 pagi ini, Jumat (28/3/2014) dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag), M Lutfi.  Dalam kesempatan tersebut Lutfi menyampaikan mengenai kemungkinan Indonesia menutup keran impor.

"Tadi malam saya ditelpon Rifda (Ketua Penyelenggara) untuk membuka Agrinex. Saya tanya, saya sebagai sopir pengganti (Gita Wirjawan), saya bicara apa? Rifda bilang, komitmen Menteri Perdagangan untuk menolak impor," kata Lutfi mengawali kisahnya.

"Pagi ini saya jawab, saya tolak permintaan Rifda," kata dia lagi.

Menurut Lutfi, ketika harga komoditas pertanian naik, nilai tukar petani tidak naik. Masalahnya, konsumen produk pertanian akan memilih produk dengan keunggulan komparatif tinggi.

Di sisi lain, Lutfi menyebut, beberapa waktu lalu sejumlah petani yang tergabung dalam asosiasi meminta harga yang lebih tinggi untuk produk mereka. "Mereka bilang atas nama 2 juta petani, minta harga lebih tinggi dari Singapura, Thailand. Saya bilang, Mendag atas nama 237 juta rakyat Indonesia menolak ketika harus membayar produk dengan efisiensi turun," jelas Lutfi.

Lutfi mengatakan, efisiensi dalam pertanian adalah hal penting jika tidak ingin terbelenggu impor.

Mengenai bagaimana caranya meningkatkan efisiensi produk, Lutfi menjelaskan, salah satunya bisa dilakukan dengan membangun resi gudang. Misalnya, kata dia, ketika panen raya cabe rawit, petani biasanya ingin hasil pertanian mereka dapat terjual secepatnya sebelum busuk.

Maka dalam hal ini Kementerian Perdagangan berperan menyediakan resi gudang untuk menyerap dan menyimpannya di cold storage. Dengan tidak adanya cabe rawit yang terbuang, artinya efisiensi meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com