Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Cermati Kemungkinan Dampak El Nino Terhadap Inflasi

Kompas.com - 28/03/2014, 18:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala El Nino dikhawatirkan akan meningkat pada tahun 2014 ini dan bisa berdampak terhadap kekeringan panjang di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, sehingga berpotensi memberikan dampak terhadap inflasi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pihak bank sentral masih melakukan pengkajian mengenai dampak El Nino terhadap inflasi. Namun demikian, dalam memperkirakan angka inflasi, BI mempertimbangkan berbagai faktor.

"Kami masih menghitung dampak El Nino. Dalam perkiraan kami juga sudah memasukkan faktor kemungkinan ada gangguan produksi dan distribusi pangan. Kami sudah masukkan," kata Perry di Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Tak hanya El Nino, bank sentral pun diakui Perry mempertimbangkan faktor kenaikan tarif listrik untuk sektor industri. "Kami juga sudah memasukkan dampak kenaikan tarif listrik dari keseluruhan industri. Kalau kenaikan tarif listrik itu sebagaimana sudah kami sampaikan tambahan inflasinya adalah 0,23 persen," ungkapnya.

BI memperkirakan inflasi di bulan Maret akan berada di kisaran 0,1 persen. Perry mengatakan prediksi BI tersebut didasarkan kepada survei pemantauan pasar yang dilakukan bank sentral.

Seperti diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan musim kemarau tahun ini bisa lebih panjang. Di Samudra Pasifik pun berpotensi terjadi El Nino yang menimbulkan musim kemarau berkepanjangan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com