Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Turun, Harga Emas Dunia Makin Murah

Kompas.com - 02/04/2014, 07:29 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun untuk sesi kelima berturut-turut pada Selasa (1/4/2014) sore waktu setempat (Rabu pagi WIB), karena para investor mempertimbangkan data ekonomi AS bervariasi untuk petunjuk prospek permintaan logam mulia.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 3,8 dollar AS atau 0,30 persen menjadi 1.280,0 dollar AS per ounce. Emas jatuh total 2,5 persen dalam lima sesi perdagangan, penurunan terpanjang sejak November. Harga penutupan merupakan yang terendah untuk kontrak teraktif sejak 10 Februari.

Emas turun 2,9 persen pada Maret, tetapi mengakhiri kuartal pertama dengan kenaikan 6,8 persen, data statistik menunjukkan. Menurut beberapa analis pasar, dengan kinerja emas yang kuat di kuartal pertama, tampaknya beberapa aksi ambil untung jangka pendek sedang berlangsung, yang menekan perdagangan pada hari-hari tersebut.

Pada Selasa, lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) mengatakan, indeks manufaktur AS naik menjadi 53,7 persen pada Maret dari 53,2 persen bulan sebelumnya. Laporan pekerjaan Maret, salah satu data ekonomi utama, akan dirilis pada Jumat (4/4/2014).

Sementara perak untuk pengiriman Mei turun 6,4 sen atau 0,32 persen menjadi 19,688 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com