Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Seharusnya Sejak 2012

Kompas.com - 02/04/2014, 20:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Darmin Nasution menilai kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada pertengahan tahun 2013 terlambat.

Menurutnya, bila kebijakan ini dilakukan tahun 2012 maka tekanan perekonomian di tahun 2013 tak akan terlalu besar.

"Ini tentu pelajaran yang paling mahal di tahun 2013 lalu. Saya kira keputusan kenaikan harga BBM itu terlambat dalam pengambilan keputusannya dan ini berdampak kacau," kata Darmin di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Menurut Darmin, apabila pemerintah dapat menaikkan harga BBM di tahun 2012, maka nilai tukar rupiah saat ini dapat berada di level Rp 10.500 per dollar AS.

"Kalau BBM dinaikkan tahun 2012 ceritanya lain, mungkin inflasi cuma 6 persen, kurs mungkin Rp 10.500. Tapi inflasi itu dikumpulkan pada suatu momen di mana tekanan inflasi muncul seperti musim sedang jelek, Lebaran datang dan lain-lain," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini.

Darmin mengingatkan, agar pemerintah dapat mengambil pelajaran-pelajaran penting saat terjadi tekanan di tahun 2013 lalu. Ia juga meminta agar pemerintah di masa mendatang tidak kembali terlambat dalam mengambil keputusan yang dianggap penting.

"Menurut saya, itulah pengalaman paling berharga. Jangan sampai besok terlambat lagi, lain kali ini harus tepat," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com