Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YLKI: KRL Commuterline Harus Beri Kompensasi ke Penumpang

Kompas.com - 04/04/2014, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacaunya perjalanan KRL rute Bogor-Jakarta pada pagi hingga siang hari ini memunculkan banyak keluhan di antara pengguna kereta. Akibatnya, tak sedikit yang terlambat masuk ke kantor, bahkan banyak yang memilih kembali ke rumah.

Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyatakan kacaunya perjalanan kereta hari ini merupakan tanggung jawab PT KCJ Commuterline selaku operator KRL. Sebagai operator, anak usaha PT Kereta Api Indonesia ini wajib memberikan kompensasi kepada penumpang.

"Seperti maskapai penerbangan, ketika pesawat mengalami keterlambatan sekian jam, ada kompensasi yang diterima oleh penumpang. Demikian juga dengan KRL Commuterline yang hari ini jadwalnya bermasalah, harusnya melakukan hal yang serupa," ujarnya Jumat (4/4/2014).

Dia menyebutkan, kompensasi yang bisa diberikan kepada pengguna KRL antara lain potongan harga tiket hingga tiket digratiskan. Hal ini karena yang menjadi pangkal masalah bukanlah konsumen, melainkan penyedia jasa.

"Kalau ada kejadian semacam itu, konsumen harus dibebaskan, karena kesalahan di KCJ Commuterline," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com