Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Turun di Bawah Level 1.300 Dollar AS

Kompas.com - 08/04/2014, 07:39 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange jatuh di bawah 1.300 dollar AS per ounce pada Senin (7/4/2014) sore waktu setempat  (Selasa pagi WIB). Para investor terus menarik diri dari pasar emas.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 5,2 dollar AS atau 0,4 persen menjadi ditutup pada 1.298,3 dollar AS per ounce.

Investor memperkirakan posisi emas bakal melorot ke tingkat terendah dalam enam minggu.

Analis pasar berpendapat bahwa emas telah dimainkan berlebihan dalam beberapa pekan terakhir, dan itulah sebabnya emas dengan cepat beralih ke sisi penurunan dalam koreksi pasca Krimea.

Arus keluar dari ETF (exchange-traded funds) juga memberikan tekanan terhadap emas. Data menunjukkan bahwa ETF melaporkan arus keluar emas sebesar 15,3 ton dalam seminggu terakhir.

Sementara perak untuk pengiriman Mei merosot 3,9 sen atau 0,2 persen menjadi ditutup pada 19,907 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 23,1 dollar AS atau 1,59 persen menjadi berakhir pada 1.427,8 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com