Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Nasabah Asuransi Berbeda-beda Tiap Kota

Kompas.com - 10/04/2014, 12:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi masih menjadi salah satu produk investasi pilihan masyarakat, di samping untuk melindungi nasabah dari berbagai risiko.

Chief Marketing Officer AXA Indonesia Emmanuel Wehry mengatakan terdapat beberapa persepsi nasabah yang berbeda terhadap investasi, khususnya di beberapa kota besar di Indonesia.

"Nasabah di Jakarta merupakan nasabah yang mendapatkan informasi cukup mengenai produk dan layanan investasi. Mereka lebih terbuka dengan perubahan dan produk baru," kata Wehry di AXA Tower, Kamis (10/4/2014).

Adapun nasabah di Surabaya cenderung memiliki pengetahuan moderat mengenai produk investasi. Mereka sangat berhati-hati, namun mengikuti perkembangan tren investasi.

"Yang menarik adalah nasabah di Medan, mereka memikirkan investasi ke depan dan jangka panjang. Umumnya mereka menghindari risiko, namun ada segmen investor yang siap mengambil risiko terkalkulasi," ujar Wehry.

Pada dasarnya, lanjutnya, setiap daerah memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda mengenai pengertian pasar dan produk investasi. Namun semuanya sama-sama memiliki sikap yang menghindari risiko.

"Risiko itu pasti ada. Orang-orang yang berisiko ada dimana-mana dan dalam berbagai jangkauan usia. Di setiap negara juga ada. Banyak yang berpandangan orang usia tua berisiko, tapi banyak juga orang usia muda yang berisiko," jelas Wehry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com