Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapitalisasi Pasar Modal Indonesia Tembus Rp 4.800 Triliun

Kompas.com - 15/04/2014, 18:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan Bisnis Bursa Efek Indonesia (BEI) Friderica Widyasari Dewi mengatakan, kapitalisasi pasar modal yang tercatat di BEI mencatat pertumbuhan signfikan. Pertumbuhan transaksi harian pun tercatat sangat baik.

"Kaptialisasi pasar modal kita sekarang sudah mencapai Rp 4.800 triliun lebih. Pertumbuhan transaksi harian saat ini juga sudah mencapai Rp 6 triliun perhari. Bayangkan pada saat lembaga ini baru pertama kali berdiri," kata Kiki, panggilan akrab Friderica, di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Lebih lanjut, Kiki mengungkapkan pihaknya menargetkan kapitaliasi pasar modal Indonesia dapat mencapai Rp 8.000 triliun. Capaian tersebut, ujar Kiki, bukanlah hal yang sulit untuk dicapai. Fundamental ekonomi Indonesia saat ini dipandang telah baik.

"Indonesia salah satu negara primadona dalam emerging market dan fund manager di dunia. Dengan pertumbuhan ekonomi kita 6 persen, kalau pertumbuhan sesuai dengan track, kita diprediksi tahun 2030 bisa menjadi negara terkuat ketujuh di dunia," ujar Kiki.

BEI mencatat sepanjang periode Januari hingga Desember 2013 lalu IHSG mengalami tren penurunan. Pada penutupan sesi perdagangan tahun 2013, IHSG bertengger pada level 4.258,57 sementara pada penutupan perdagangan tahun 2012 lalu IHSG ditutup pada level 4.316,887.

Adapun rata-rata nilai transaksi harian saham pada periode Januari hingga Desember 2013 mencapai Rp 6,25 triliun, juga meningkat 37,68 persen dibandingkan periode sama tahun 2012, yakni sebesar Rp 4,54 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com