Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelas Menengah Bertambah, yang Punya Uang Makin Banyak

Kompas.com - 15/04/2014, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Director of Alternate Channels AXA Mandiri Handayani mengatakan, pertumbuhan golongan masyarakat kelas menengah Indonesia sangat signifikan. Pada tahun 2012, jumlah golongan masyarakat ini sebanyak 15 juta orang dan diperkirakan akan terus meningkat.

"Golongan masyarakat kelas menengah merupakan engine of growth. Pada tahun 2020, Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah masyarakat kelas menengah terbesar ketiga di dunia, mencapai 55 persen dari total populasi," kata Handayani di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Lebih lanjut, Handayani mengungkapkan jumlah masyarakat kelas menengah diperkirakan akan bertambah sekitar 7 juta orang setiap tahun. "Itu tandanya apa? Akan semakin banyak orang yang punya banyak uang," ujarnya.

Namun demikian, kata Handayani, hal terpenting dalam hidup ternyata bukan uang, namun kebahagiaan. Uang berkontribusi kepada kebahagiaan, akan tetapi harus didukung dengan perencanaan keuangan yang baik. Oleh karena itu, investasi menjadi suatu hal yang penting.

"Pada setiap tahap kehidupan, terdapat instrumen investasi yang berbeda sesuai kebutuhan kita. Saat masih melajang, yang diperlukan biasanya asuransi jiwa dan unit link. Saat sudah menikah, instrumen investasi biasanya ditambah asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan," papar Handayani.

Yang terpenting dalam investasi menurut Handayani adalah memulai sedini mungkin. Investasi tidak harus dimulai dengan uang yang banyak. "Yang penting start small, aim big. Pikirkanlah masa depan anda, apa yang akan anda dapat di masa depan dengan investasi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com