Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN dan Mandiri Bersatu, Indonesia Bisa Kalahkan Malaysia

Kompas.com - 17/04/2014, 12:52 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah merespon positif rencana Bank Mandiri untuk mengakuisisi Bank Tabungan Negara (BTN). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, dengan bersatunya kedua bank pelat merah itu, akan ada bank di Indonesia yang lebih besar dibandingkan perbankan Malaysia.

"Dari segi Pemerintah, kalau BTN dan Mandiri maka Indonesia langsung memiliki bank yang lebih besar dari Malaysia," ujar Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (16/4/2014).

Sebagai informasi saja, Bank Mandiri saat ini merupakan bank dengan aset terbesar di Indonesia. Tahun 2013, aset Bank Mandiri mencapai RP 733,10 triliun, sementara aset BTN sebesar Rp 131,17 triliun.

Dahlan menjelaskan, bahwa selama ini Indonesia tidak pernah masuk tiga besar bank di Asia Tenggara. Menurutnya, negara-negara yang masuk dalam tiga besar tersebut adalah Singapura, Malaysia dan Thailand.

Namun Dahlan mengatakan bahwa skema BTN menjadi anak usaha Mandiri masih terus dibahas di Kementerian BUMN. Bahkan jika skema tersebut harus mendapat persetujuan DPR, Dahlan pun menyatakan siap menempuh seluruh proses tersebut.

Selain akan meningkatkan posisi Indonesia di ASEAN, sebut Dahlan,  bersatunya BTN dan Mandiri akan meningkatkan kemampuan BTN memenuhi kekurangan perumahan Indonesia yang mencapai 1,5 juta rumah. "BTN bisa punya kemampuan besar untuk memenuhi kekurangan perumahan di Indonesia," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com