Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Serahkan Mobil Donor Darah ke PMI

Kompas.com - 25/04/2014, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk melalui Unit Usaha Syariahnya, CIMB Niaga Syariah, menyerahkan satu unit mobil unit donor darah senilai Rp525 juta kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyerahan mobil unit donor darah ini merupakan bagian dari kerjasama kemitraan program "Unifying Spirit for Humanity" yang telah dilaksanakan dan ditandatangani pada 4 Juli 2013 bersama 19 lembaga mitra kemanusiaan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid, kepada Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, di Graha CIMB Niaga Jakarta, Jumat (25/4/2014). Penyerahan bantuan tersebut, bersamaan juga dengan kegiatan donor darah yang digelar oleh CIMB Niaga.

"Kami berharap kendaraan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam tersedianya kantong-kantong darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat." jelas Arwin dalam keterangan resminya.

Kebutuhan darah di Tanah Air terbilang cukup besar. Berdasarkan data PMI, setiap harinya dibutuhkan sekitar 15.000 kantong darah. Adapun secara tahunan, kebutuhan kantong darah diperkirakan mencapai 2 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Sayangnya, jumlah tersebut belum sebanding dengan donasi darah yang tersedia. Sebagian besar, ketersediaan darah tersebut umumnya disumbangkan oleh pendonor sukarela.

"Ketersediaan darah sangat terkait dengan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela dan berkelanjutan," kata Jusuf Kalla.

Karenanya, lanjut Jusuf Kalla, salah satu strategi yang diterapkan PMI adalah melakukan 'jemput bola'. Artinya, PMI berupaya mengakses para pendonor sukarela ini ke sejumlah tempat, seperti gedung-gedung perkantoran hingga mal.

"Di sinilah, dibutuhkan mobil UDD yang lebih banyak lagi. Kami mengucapkan terima kasih kepada CIMB Niaga yang telah berpartisipasi dalam upaya kami ini," ujar Jusuf Kalla.

PMI juga sangat mengapresiasi pendonor sukarela, seperti dalam kegiatan donor darah yang

dilaksanakan CIMB Niaga di dua lokasi, yaitu Menara CIMB Niaga – Karawaci pada Kamis, (24/

4), dan di Graha CIMB Niaga – Jakarta pada Jumat (25/4). Aksi donor darah dengan tema ‘CIMB

Niaga Peduli Sesama’ ini, diikuti karyawan/ti CIMB Niaga dan masyarakat yang tinggal di sekitar

lokasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com