Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Raup Laba Rp 3,7 Triliun di Kuartal I-2014

Kompas.com - 28/04/2014, 17:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang triwulan I-2014 membukukan laba bersih sebesar Rp 3,7 triliun. Jumlah tersebut meningkat sebesar 26,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,9 triliun.

"Di tengah kondisi likuiditas yang semakin ketat, kepercayaan nasabah dan brand image yang kuat telah memungkinkan BCA untuk mengembangkan basis pendanaan secara keseluruhan," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja pada konferensi pers di Jakarta, Senin (28/4/2014).

Total outstanding kredit perseroan pada akhir kuartal I-2014 mencapai Rp 317,2 triliun, atau naik 19,7 persen secara tahunan. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) tetap berada pada tingkat yang cukup rendah, yakni mencapai 0,5 persen dengan rasio cadangan 388 persen pada Maret 2014.

Sementara itu, BCA juga menyatakan berhasil menjaga posisi permodalan dengan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) mencapai 17,7 persen pada kuartal I 2014. Pada periode yang sama tahun lalu, CAR perseroan mencapai 16,6 persen.

Perseroan pun berhasil memupuk dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 406,8 triliun pada kuartal I 2014, meningkat 10,6 persen year on year. Saldo dana transaksi yakni giro dan tabungan atau CASA adalah porsi utama DPK, yakni sebesar 77,7 persen dari total dana.

"Meskipun diperkirakan perekonomian akan melambat dalam jangka pendek, namun kami tetap optimis terhadap prospek ekonomi dan industri perbankan Indonesia. Kami akan terus mencermati secara seksama perkembangan ekonomi makro dan tetap fleksibel serta siap sedia untuk mengambil langkah strategis guna merespon perubahan yang terjadi dan pada saat yang sama terus mengoptimalkan kepentingan para stakeholder," papar Jahja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com