Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Konsumsi Rumah Tangga Kuartal I Masih Kuat

Kompas.com - 13/05/2014, 18:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melalui Hasil Survei Eceran bulan Maret 2014 melaporkan pertumbuhan tahunan Indeks Penjualan Riil (IPR) yang meningkat dari 18,8 persen year on year (yoy) di bulan Februari 2014 menjadi 25,1 persen (yoy) pada Maret 2014.

Hasil itu mengonfirmasi konsumsi rumah tangga yang masih kuat di kuartal I-2014. Pertumbuhan IPR yang meningkat terutama didorong kuatnya permintaan pada Kelompok Barang Lainnya serta Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi.

Dari 10 kota yang disurvei, mayoritas mengalami peningkatan, dengan peningkatan terbesar terjadi di kota Bandung. "Pada bulan April 2014 penjualan eceran diperkirakan masih dalam tren yang meningkat, dengan pertumbuhan IPR mencapai 27,8 persen (yoy)," tulis BI dalam pernyataan resmi di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Di samping itu, survei juga mengindikasikan ekspektasi terhadap tekanan harga pada 3 bulan dan 6 bulan mendatang masih terkendali. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang sebesar 146,2 sedikit lebih rendah dibandingkan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 147,8.

"Pada 6 bulan mendatang, IEH diperkirakan sebesar 137,1 menurun dibandingkan  bulan sebelumnya sebesar 146,0," tulis BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com