Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Politik Masih Pengaruhi Gerak IHSG

Kompas.com - 14/05/2014, 08:14 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen politik dalam negeri diproyeksikan memengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan, Rabu (14/5/2014). Indeks mencoba menembus level psikologis 5.000.

Sentimen positif datang dari pasar saham AS yang ditutup menguat dan kembali memecah rekor tertinggi. Penguatan itu diapresiasi dengan kenaikan indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,12 persen dan S&P500 sebesar 0,04 persen.    

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham terlihat bervariasi pagi ini. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar 0,40 persen, sementara indeks KOSPI Composite di Korea Selatan menguat 0,51 persen. Di sisi lain, harga kontrak berjangka (futures) komoditas mayoritas naik.

Dari dalam negeri, pergerakan IHSG masih dipengaruhi sentimen politik. Peta koalisi partai dalam mengusung calon presiden dan wakil presiden kini semakin jelas, dan menyiratkan hanya akan ada dua pasang calon saja yang akan bertarung dalam pemilihan presiden 9 Juli 2014 mendatang.    

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dan menembus level psikologis di angka 5.000. Pada perdagangan hari ini, indeks akan bergerak di kisaran support 4.889 dan resistance di 5.021. Beberapa saham yang dapat dijadikan pilihan investasi adalah ACES, ICBP, ADRO, PTBA, dan GGRM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com