Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Konsumen Indonesia Optimistis

Kompas.com - 14/05/2014, 10:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melalui Survei Konsumen pada bulan Maret 2014 melaporkan keyakinan konsumen masih dalam tren meningkat. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2014 tercatat 118,2, meningkat dari 116,2 pada bulan sebelumnya.

"Optimisme yang membaik terutama didorong menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang, sebagaimana tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat sebesar 3,2 poin dari bulan sebelumnya menjadi 123,9," tulis BI dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) juga sedikit meningkat 0,8 poin menjadi 112,5. Dari 18 kota yang disurvei, peningkatan IKK terjadi di 12 kota dengan kenaikan terbesar terjadi di Manado (18,4 poin) dan Banjarmasin (16,6 poin). Hasil survei juga mengindikasikan konsumen memperkirakan adanya kenaikan harga pada 3 dan 6 bulan ke depan.

Hal tersebut antara lain dipengaruhi meningkatnya permintaan menjelang datangnya bulan puasa pada akhir Juni 2014.

"Bank Indonesia menilai keyakinan konsumen yang masih dalam tren meningkat dapat berkontribusi positif pada tetap kuatnya konsumsi rumah tangga," tulis BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com