Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Kembangkan "Geopark"

Kompas.com - 14/05/2014, 14:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sedang mengembangkan potensi geopark Indonesia, yaitu potensi geologi Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi area wisata.

"Menteri ESDM yang berdiri di depan Anda itu menteri yang lahir di kawasan geopark. Tuhan punya desain, Menteri yang sekarang ini akan dengan keras memperjuangkan kawasan geopark karena lahir dari situ," ujar Jero Wacik, Menteri ESDM, di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Jero Wacik menjelaskan bahwa konsep geopark merupakan konsep pengembangan kawasan geologi untuk menjadi daerah wisata. Gagasan ini didapatkan saat kunjungan Presiden ke Tiongkok pada 2006 yang didampingi Menteri Kebudayan dan Pariwisata saat itu, Jero Wacik.

Saat itu, Tiongkok memiliki 21 kawasan geopark, sedangkan Indonesia tidak satu pun memiliki geopark. Atas dasar pengalaman itu, Jero berusaha mengembangkan geopark di Indonesia.

Jero mengatakan, Indonesia memiliki 127 gunung berapi yang berpotensi menjadi geopark. Saat ini Kementerian ESDM sudah mendaftarkan beberapa geopark nasional ke UNESCO.

"Kita punya 127 gunung berapi, kalau belum meletus itu indah sekali. Untuk Geopark Contoh Danau Toba, Merangin di Jambi, Gunung Sewu, Raja Ampat, Renjani, dan Batur, yang diakui UNESCO baru Batur tahun 2012. Maksud acara ini untuk mendorong ke UNESCO," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com