Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Belum Ada Lonjakan Pengiriman Barang Lewat KA

Kompas.com - 19/05/2014, 08:14 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang pemilihan presiden dan bulan Ramadhan 2014, belum ada lonjakan frekuensi pengiriman barang lewat kereta api.

“Belum ada lonjakan pengiriman barang, masih rata-rata,” ungkap Direktur Operasi dan Pemasaran (Diropsar) PT Kereta Api Logistik (KALOG), Dwiyana Slamet Riyadi, kepada Kompas.com, Minggu (18/5/2014).

Dwi mengatakan, saat ini setiap harinya ada 14 perjalanan kereta api logistik, terdiri dari 10 KA Petikemas, 2 KA Kurir, dan 2 KA Semen. Adapun kapasitas satu rangkaian KA dengan 20 gerbong adalah 40 TEUs (Twenty Foot Equivalent Units).

Ada 8 KA Petikemas dengan relasi Tanjung Priok-Kalimas/Surabaya, di mana 4 diantaranya dioperasikan oleh PT Kereta Api Logistik. “Kemudian, satu KA relasi Gudang- Surabaya, dan 1 KA dengan relasi Cikarang Dry Port-Waru/Surabaya,” imbuh Dwi.

Sementara itu, 2 KA kurir terdiri dari 1 rangkaian KA Parcel, serta 1 ONS (One Night Service) relasi Jakarta Gudang-Surabaya/Pasarturi. Sedangkan 2 KA semen beroperasi dengan relasi Nambo/Cibinong-Kalimas/Surabaya.

“Bulan Juni nanti, kami berencana menambah frekuensi 2 KA lagi, yaitu 1 KA kontainer, dan 1 KA Semen,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com