Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan : Kemiskinan Struktural Bisa Diselesaikan dengan Reformasi Agraria

Kompas.com - 19/05/2014, 20:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Petani Indonesia saat ini masih terbelenggu oleh kemiskinan struktural yang nampaknya sulit dientaskan dari masa ke masa. Menurut Suswono, Menteri Pertanian, kemiskinan struktural petani saat ini diakibatkan oleh minimnya luas lahan yang dimiliki.

Oleh karena itu menurutnya, jalan satu-satunya menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan reformasi agraria. "Kemiskinan struktural ini karena lahan petani kecil. Pemerintah harus melakukan reforma agraria," ujar Suswono di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (19/4/2014).

Suswono mengatakan, bahwa reforma agraria merupakan langkah terbaik dalam memutus belenggu kemiskinan Petani. Menurutnya, hanya dengan memperluas kepemilikan lahanlah petani Indonesia mampu meningkatkan pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan. Konsep reforma agraria bisa berupa konsolidasi tanah, atau pembagian tanah kepada petani. 

"Mau reforma agraria atau namanya konsolidasi lahan, yang penting subtansinya yaitu pembagian tanah kepada petani," katanya.

Selain pembagian tanah kepada petani, Suswono mengusulkan agar adanya kerjasama antar pemerintah daerah yang memiliki luas lahan yang sempit dan luas. Petani di daerah dengan lahan sempit bisa dipindahkan ke daerah dengan lahan luas.

"Saya usul, agar kepala daerah bekerjasama untuk adanya pengiriman petani kepada daerah-daerah yang masih memiliki lahan luas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com