Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Capres Harus Konsisten dengan Visi Misi Ekonomi

Kompas.com - 20/05/2014, 14:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengungkapkan visi dan misi yang disampaikan oleh kedua kandidat calon presiden dan wakil presiden telah mampu memberikan referensi bagi masyarakat. Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana para kandidat dapat konsisten dengan visi dan misi tersebut.

"Secara keseluruhan platform yang sudah resmi disampaikan, kita tidak bisa memastikan bisa direalisasikan saat menjabat tapi minimal ini sebagai referensi masyarakat terhadap calon pemimpinnya, yang penting bagaimana konsistensi dan konkretnya," kata Enny di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Dengan dua kandidat capres-cawapres yang telah muncul saat ini, Enny berharap keduanya dapat memberikan perubahan. Akan tetapi, pada saat ajang "gelar" visi dan misi nanti, masing-masing calon harus dapat mengkompetisikan visi dan misi yang riil.

"Ketika perdebatan di forum publik seperti debat capres dan kampanye kita minta mereka benar-benar mengkompetisikan platform yang riil. Kita misalnya sampaikan masalah pengangguran, pertumbuhan yang tak berkualitas, mereka bisa tawarkan apa," ujar Enny.

Menurut Enny, kedua kandidat capres dan cawapres sama-sama mengusung ekonomi kerakyatan. Namun, lanjut dia, masyarakat lebih menunggu dan mengharapkan komitmen riil atas visi dan misi kerakyatan tersebut.

"Riilnya seperti apa. Ini yang kita tunggu nanti. Kalau sudah jelas kan masyarakat bisa memilih dan menentukan kandidat mana yang cocok untuk dipilih berdasarkan visi dan misi itu," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com