Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Farmasi di Indonesia Capai 21,7 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/05/2014, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja kesehatan di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Tahun 2015 saja, belanja kesehatan di Indonesia diperkirakan mencapai 21,7 miliar dollar AS, tumbuh sekitar 6 persen dari tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Chris Kilbee, Group Director Pharma UBM Live di acara Convention on Pharmaceutical Ingredients South East Asia (CPhI SEA). Menurut Chris, setiap tahun belanja kesehatan di Indonesia tumbuh sekitar 6 persen sampai tahun 2018 nanti.

Menurut Chris, pertumbuhan dan porsi belanja kesehatan di Indonesia cukup besar di Asia Tenggara. Di mana pasar farmasi di kawasan Asia Tenggara saja pada 2017 baru diperkirakan mencapai 80 miliar dollar AS.

"Pasar farmasi Asia Tenggara berkembang lebih tinggi ketimbang pasar farmasi global dan diproyeksikan pertumbuhan akan terus berlanjut. Untuk itu, pameran CPhI yang business to business (B2B) ini akan meningkatkan harmonisasi para pelaku industri internasional dengan lokal dan juga para supplier," kata Chris, Selasa (20/5/2014).

Menurutnya, karena Indonesia memiliki potensi pasar farmasi yang besar, dipilihlah Indonesia sebagai negara penyelenggara. Tahun lalu, CPhI SEA dikunjungi lebih dari 5.500 orang dari 51 negara regional termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, India dan Rusia. Total dari 264 perusahaan farmasi mengikuti pameran ini. (Merlinda Riska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com