Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Tak Gunakan Gas untuk Kereta Api

Kompas.com - 21/05/2014, 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia enggan mengonversi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan, penggunaan gas untuk kereta api terlalu berisiko, apalagi untuk perlintasan padat penduduk.

Jonan mengatakan hal itu dalam menanggapi wacana yang dilontarkan Kementerian ESDM untuk mengonversi penggunaan bahan bakar minyak yang selama ini digunakan kereta api. Jonan mengaku belum pernah diajak secara formal untuk membicarakan wacana tersebut.

"Untuk lintasan yang banyak penduduk, saya cenderung tidak mau, kecuali untuk lintasan yang jarang penduduknya," ujar Jonan kepada wartawan di stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Jonan khawatir terjadi insiden yang tak diinginkan bila menggunakan gas. Ia pun khawatir akan timbul masalah serius bila insiden tersebut terjadi di perlintasan yang di sekitarnya banyak permukiman penduduk.

Menurut Jonan, di negara-negara Eropa, kereta api yang menggunakan gas pun hanya untuk wilayah yang tidak banyak permukiman. "Menurut saya, lebih waras kalau subsidi BBM itu yang dikurangi," ujarnya. (Petrus Dabu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com