Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surplus BI Disumbang oleh Selisih Kurs

Kompas.com - 23/05/2014, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan laporan keuangan tahun 2013 mengalami surplus sebesar Rp 37,4 triliun, yang sebagian besar disumbang oleh selisih kurs sebesar Rp 33 triliun.

"Ada peningkatan cukup besar di sisi penerimaan. Adapun beban relatif turun. Kami bisa mengefisienkan pengeluaran, " kata Direktur Departemen Keuangan Internal BI Ahmad Hidayat di Gedung BI, Jumat (23/5/2014).

Menurut Ahmad, tahun 2013 ditandai dengan tekanan yang sangat kuat terhadap kurs rupiah yang mengalami depresiasi yang cukup dalam. Pada tahun 2012, kurs neraca tercatat sebesar Rp 9.670 per dollar AS dan Rp 12.189 per dollar AS pada tahun 2013, naik sekitar Rp 2.500.

"Pelemahan rupiah karena secara akunting harus diakui. Sama dengan ibaratnya dulu biaya dana rendah kemudian harus melakukan intervensi untuk menahan penurunan rupiah, maka dollar kita jual. Atas penjualan ini secara akunting mau tidak mau harus tercatat," ujar Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan bank sentral mengalami peningkatan total aset dari Rp 1.519 triliun pada tahun 2012 menjadi Rp 1.648 triliun pada tahun 2013, yang didominasi valuta asing.

"(Aktiva) digunakan sebagai instrumen kebijakan dan tidak digunakan untuk memaksimalkan profit. Pendapatan dana (digunakan) untuk stabilitas rupiah. Tidak ada penurunan signifikan dari sisi itu," ujar Ahmad.

Ahmad pun menjelaskan bank sentral mencatat peningkatan rasio modal pada tahun 2013. Rasio modal meningkat sebesar 5,8 persen menjadi Rp 73,7 triliun. Adapun pendapatan dari pengelolaan devisa tercatat sebesar Rp 26 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com