Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stabilkan Harga, Pemerintah Jaga Stok Pangan Jelang Puasa

Kompas.com - 26/05/2014, 19:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menjelaskan pemerintah akan menstabilkan harga pangan menjelang Ramadhan dan Lebaran.

"Berdasarkan laporan dari keseimbangan supply dan demand dari masalah distribusi dan supply chain yang ada, diharapkan pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini ketersediaan stok pangan dan distribusi relatif lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata Chairul, Senin (26/5/2014).

Dengan demikian, kata CT, diharapkan pada saat datangnya bulan Ramadhan dan Lebaran diharapkan tidak ada lagi gejolak harga yang berlebihan, khususnya barang dan komoditas tertentu.

"Dua minggu lagi kita akan mengadakan rapat persiapan. Nanti setiap minggu akan dimonitor harga-harga komoditas," ujar CT.

Selain itu, untuk menjaga persepsi pasar, CT meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan operasi pasar. Operasi pasar tersebut ditegaskan CT tidak digelar saat harga sudah naik, namun sebelum harga naik.

"Kami minta Mendag dan beberapa BUMN melakukan operasi pasar sebelum harga naik. Tujuannya untuk menjamin pedagang tidak mengambil keuntungan berlebihan dengan adanya spekulasi," tegas CT.

Rakor stabilitas harga pangan yang dipimpin CT dimulai sekitar pukul 15.00 dan berakhir pada pukul 17.00. Rapat tersebut antara lain dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, Mendag Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif C. Sutardjo, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com