Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Kereta Bandara Selesai Tahun Depan

Kompas.com - 28/05/2014, 15:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II selaku operator bandara Soekarno-Hatta menyatakan telah mulai melakukan pembangunan stasiun di bandara tersebut. Stasiun ini dibangun guna mendukung sarana transportasi kereta rel listrik (KRL) antara bandara dengan Stasiun Sudirman Baru.

"Sudah progress. Ini sudah mulai dilakukan kontruksi," kata Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT AP II Salahudin Rafi di Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Lebih lanjut, Rafi mengungkapkan proses kontruksi akan memakan waktu lebih dari 1 tahun. Stasiun di bandara, kata dia, sudah dapat dioperasikan pada akhir 2015 mendatang.

Adapun lokasi stasiun tersebut terletak di antara bangunan terintegrasi atau integrated building Bandara Soekarno-Hatta. "Akhir tahun depan selesai," ujar dia.

Dari aspek desain arsitektur, lanjut Rafi, Stasiun Kereta  Bandara Soetta dirancang menyerupai arsitektur Stasiun Kereta Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara.

"Stasiunnya mirip di Kuala Namu. Kalau kapasitas saya harus lihat angka," ucapnya.

Selain mempersiapkan pembangunan stasiun kereta, Rafi mengungkapkan, AP II juga melakukan pengembangan terminal 3. Selain itu, pihaknya juga menjalankan pembangunan integrated building untuk menggantikan terminal 1 dan 2 yang sudah ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com