Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Biayai Proyek Kelistrikan, BTN Tetap Mampu Salurkan KPR

Kompas.com - 28/05/2014, 16:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) ikut terlibat pembiayaan transmisi listrik di kawasan Sumatra yang dilakukan empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono menyatakan keterlibatan perseroan dalam pembiayaan proyek tersebut tidak akan mengganggu kinerja penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) yang selama ini menjadi fokus bisnis perseroan.

Maryono menyatakan, sindikasi tersebut tidak ada kaitannya dengan backlog (kekurangan) perumahan yang masih berada pada kisaran 15 juta unit. Ia mengungkapkan pembangunan transmisi listrik juga merupakan target pemerintah.

"Kalau kami nunggu rumah, rumahnya kan backlog-nya 15 juta. Tahun ini sudah tidak selesai, 5 tahun juga tidak selesai. Yang penting pemenuhan target pemerintah juga bisa terpenuhi," kata Maryono seusai mengikuti rapat pimpinan BUMN di Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Sindikasi pembiayaan tersebut sejalan dengan target penyaluran kredit yang dipatok perseroan untuk tahun 2014 ini. "Kami kan punya rencana ekspansi kredit kurang lebih 17 persen tahun ini," tegasnya.

Seperti diberitakan, 4 bank BUMN akan bekerjasama membiayai pembangunan transmisi listrik di Sumatra. Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, dalam pembiayaan proyek kelistrikan ini, jangan sampai ada pinjaman dari luar negeri. Oleh karena itu, pihaknya bersama BUMN perbankan dan karya sedang merundingkan skema pembiayaannya. Adapun BUMN perbankan akan menggelontorkan pembiayaan dan BUMN karya akan bertindak sebagai kontraktor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com