Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Mei Capai 0,16 Persen

Kompas.com - 02/06/2014, 11:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen bulan Mei 2014 atau inflasi sebesar 0,16 persen. Adapun secara tahunan (year on year), sebesar 7,32 persen.

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan, inflasi tahun kalender mencapai 1,56 persen. Komponen inti menyumbang terhadap inflasi sebesar 0,23 persen dan year on year sebesar 4,82 persen.

Suryamin menambahkan, dari 82 kota IHK, sebanyak 67 kota mengalami inflasi dan 15 kota mengalami deflasi. "Inflasi tertinggi di Pematang Siantar sebesar 1,6persen, dan terendah di Tegal dan Kupang sebesar 0,01 persen," kata Suryamin pada konferensi pers di Jakarta, Senin (2/6/2014).

Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Pangkal Pinang sebesar -1,27 persen. Adapun deflasi terendah terjadi di Palembang sebesar -0,03 persen. Berdasarkan kelompok pengeluaran, bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,15 persen. Sedangkan makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,35 persen.

"Bahan makanan dikendalikan pemerintah cukup bagus karena harga beras secara rata-rata Mei masih terkendali. Kalau dari makanan jadi itu didorong makanan-makanan yang sudah diolah agak terjadi peningkatan inflasi," ujar Suryamin.

Berdasarkan wilayah, Suryamin mengungkapkan kawasan Jawa relatif terkendali. Dari 26 kota IHK, hampir seluruhnya inflasi di bawah 0,05 persen. Sementara itu kawasan Sumatra lebih bervariasi. Dari 23 kota IHK, 5 kota mengalami inflasi di atas 0,05 persen.

"Daerah lain diharapkan dapat mengendalikan inflasinya. Karena di Jawa relatif terkendali dan Sumatra lebih bervariasi," sebut Suryamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com