Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres Satu Putaran, Anggaran KPU dan Bawaslu Dipangkas Rp 3,2 Triliun

Kompas.com - 05/06/2014, 17:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan akan memangkas anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), karena pilpres 9 Juli 2014 mendatang hanya akan berlangsung satu putaran.

"KPU dipotong anggarannya sekitar Rp 2,9 trilun," kata Chatib dalam rapat Badan Anggaran DPR RI, di Senayan, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Dia mengatakan, belanja operasional Bawaslu rencananya akan dihemat Rp 300 miliar. Sebelumnya, kedua lembaga tersebut termasuk dalam Kementerian/Lembaga yang tidak terkena pemangkasan anggaran dalam Rancangan APBN Perubahan 2014. "Karena dengan dua calon presiden, mustinya pemilu hanya satu putaran," ujarnya.

Mantan Kepala BKPM itu menambahkan, jika usulan pemerintah diterima, maka selanjutnya akan dibahas dalam panja Rancangan APBN Perubahan 2014. Dengan demikian, pemangkasan anggaran tidak akan mengganggu kinerja kedua lembaga, KPU dan Bawaslu.

Sebagai informasi, pagu anggaran KPU tahun 2014 sebesar Rp 15,4 triliun. Sedangkan pagu anggaran Bawaslu, sebesar Rp 3,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com