Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lemari Besar" Pakaian Bekas itu bernama Indonesia

Kompas.com - 07/06/2014, 08:36 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, Agung Kuswandono mengatakan, banyak kapal non-nelayan yang berseliweran di perbatasan Malaysia dan Singapura.

Ternyata mereka mengangkut baju-baju bekas, laptop, hingga alumunium nitrat, bahan baku pembuatan bom ikan. "Baju-baju bekas malah diekspor ke sini. Di sini baju bekas menjadi komoditas. Di pesisir Sumatera itu gudang bea cukai isinya baju bekas semua," ungkap Agung kepada wartawan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (6/6/2014).

Agung menuturkan, sebetulnya baju bekas tersebut termasuk barang yang dilarang dan terbatas (latas). Sehingga, penanganannya tidak bisa dilelang, dan harus dimusnahkan. Kenyataannya, praktik importasi baju bekas terus belanjut karena didukung oleh Pemerintah Daerah.

"Jadi mereka (importir) menganggap ini pekerjaan. Dia menganggap legal, karena didukung pemerintah (daerah)," ujar Agung.

Meski tidak menyebut angka pasti impor baju bekas, Agung memperkirakan jumlanya sangat besar. Pasalnya, ribuan pelabuhan kecil belum maksimal diawasi pemerintah. Ditjen Bea Cukai pun terus melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com