Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Pembangunan Industri Jangan Hanya Bergantung APBN

Kompas.com - 12/06/2014, 06:42 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Calon wakil presiden nomor urut 1 Hatta Rajasa mengatakan, keberhasilan pembangunan tidak tergantung pada besar atau kecilnya anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Konsep tersebut tak mengecualikan pembangunan industri maritim.

"Kalau tergantung kepada APBN enggak akan nyampai-nyampai kita," kata Hatta kepada wartawan seusai menghadiri Seminar Nasional Bidang Kelautan pada Hari Nusantara & World Ocean 2014 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/6/2014), saat ditanya soal alokasi APBN untuk industri maritim bila dia dan Prabowo Subianto memenangi Pemilu Presiden 2014.

Menurut Hatta, ada banyak cara yang bisa dipakai untuk membangun industri, termasuk industri maritim ini. "(Seperti), mendorong investasi lokal dan domestik, mendorong BUMN kita, dan sebagainya. Itulah kekuatannya ada di situ, jadi tidak bergantung pada APBN," kata Hatta.

Penggunaan APBN yang digabung dengan beragam peluang, diyakini Hatta akan menjadikan industri maritim Indonesia kuat, hebat, dan disegani negara lain. "Industri perkapalannya tumbuh, pelabuhannya tumbuh, sumber daya manusianya tumbuh, ekonominya tumbuh, dan perdagangannya juga tumbuh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com