Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lebaran, Lion Air Siapkan 20.000 Kursi Tambahan

Kompas.com - 12/06/2014, 09:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air menyiapkan puluhan ribu kursi tambahan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik saat Hari Raya Indul Fitri.

"Kalau untuk Lebaran sih normal-normal saja. Kita kan bisa menambah 20.000 seat," kata Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Rabu (11/6/2014).

Menurut Edward, kursi tambahan tersebut disediakan sesuai dengan permintaan pasar. Apabila permintaan menjelang Lebaran cenderung banyak, maka kursi-kursi tambahan tersebut akan disedikan. Intinya, kata Edward, pihaknya cenderung fleksibel.

"Kita flexible response saja. Kita sudah ajukan rencananya kira-kira kemana (rute), tapi tergantung kepada demand. Ketika demand ada, kita penuhi," ujar Edward.

Adapun terkait ekspansi bisnis Lion Air secara umum, Edward mengaku pihaknya tidak melakukan ekspansi bisnis yang signifikan pada tahun 2014. Akan tetapi, perseroan akan menambah jumlah armada untuk subsider Lion Air, yakni Batik Air.

"Belum ada (ekspansi bisnis). Armada tambah. Batik Air tahun ini tambah 10 pesawat. Kemungkinan tambah (armada) yang (tujuan) Medan, Banjarmasin, dan Padang. Jadi ada full service-nya," ujar dia.

Selain itu, Lion Air pun masih melakukan pembangunan hanggar perawatan pesawat maintenance repair overhaul (MRO) di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. Saat ini pembangunan hanggar MRO tahap I akan segera selesai dalam waktu dekat.

"Tahap pertama sudah mau selesai. Target selesai tahun 2016 sampai tahap III. Di situ kalau sampai tahap III secara paralel bisa dirawat 18 pesawat," papar Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com