Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank di Indonesia Tak Diakui di ASEAN

Kompas.com - 12/06/2014, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengungkapkan selama ini, perbankan di Indonesia tak dianggap oleh negara ASEAN lainnya.

"Bank terbesar kita seperti Bank Mandiri tak masuk 10 besar bank di ASEAN," ungkap Chairul di Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (12/6/2014).

Karena itu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), perbankan Indonesia tidak diajak dalam membentuk sistem kebijakan. Jika hal ini terjadi, perbankan Indonesia hanya akan menurut kebijakan dari 10 bank terbesar di Asean. "Kita tidak terlibat proses pembentukan kebijakan," ujar Chairul.

Chairul juga menjelaskan bahwa dibutuhkan dua bank besar di Indonesia untuk dipersatukan. Salah satu caranya waktu itu adalah melakukan merger Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Bank Mandiri. Namun hal tersebut tidak dilanjutkan karena usaha bisnis BTN dengan Mandiri berbeda.

"Karena merger bank BUMN harus nya dilakukan kita tidak memiliki ukuran perbankan yang kuat untuk Masyarakat Ekonomi ASEAN," papar Chairul. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com