Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Eastern Borong 80 Boeing 737

Kompas.com - 14/06/2014, 20:22 WIB


HONGKONG, KOMPAS.com -
Boeing Co. mendapatkan order pembelian 80 unit pesawat jenis 737 senilai 7,4 miliar dollar AS dari perusahaan asal China, China Eastern Airlines Corp.

China Eastern, maskapai penerbangan terbesar ketiga di China, akan membeli pesawat 737-800 yang penyerahannya akan mulai dilakukan pada tahun 2016.

Berdasarkan pernyataan China Eastern kepada otoritas bursa Shanghai, selain membeli 80 unit pesawat baru, maskapai tersebut juga akan menjual kembali sejumlah lamanya kepada Boeing. Yaitu 15 unit 737-300 dan lima seri 757.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Aviation (CAPA), ekspansi yang dilakukan oleh maskapai-maskapai penerbangan di China, menjadikan negeri tersebut pasar pesawat terbesar di dunia.

Sedikitnya setiap maskapai di China masing-masing akan memiliki 100 armada pesawat pada akhir dekade ini. Dan lebih dari 50 persen dari pesawat jet komersial yang beroperasi di China merupakan bikinan Boeing.

Boeing mengestimasikan China akan membutuhkan 5.580 pesawat baru seharga 780 miliar dollar AS hingga tahun 2032.

Pada tahun lalu, Boeing telah mengirimkan sebanyak 143 pesawat ke sejumlah maskapai di China. Tahun ini, Boeing mengharapkan bisa mengirimkan pesawat dengan jumlah yang sama. (Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com