Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal TPID, Timses Prabowo Menilai Jokowi Hanya Level Pemimpin Daerah

Kompas.com - 16/06/2014, 18:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Tim sukses bidang kebijakan dan program pasangan Prabowo-Hatta, Dradjad Wibowo, tidak mempermasalahkan pertanyaan Jokowi mengenai TPID. Bahkan menurut dia, pertanyaan tersebut memperlihatkan mana pemimpin yang berkelas daerah dan mana pemimpin yang berkelas nasional.

"TPID itu kan daerah. Di situ kelihatan mana pemimpin daerah mana pemimpin nasional," ujar Dradjad di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Dradjad menjelaskan, pertanyaan yang dilontarkan Jokowi mengenai TPID dalam debat semalam mampu dijawab dengan baik oleh Prabowo. Apa yang disampaikan Prabowo, menurut dia, jelas dan tidak membuat rancu mana kewenangan nasional mana kewenangan daerah.

Menurut Dradjad, terjadinya inflasi bukan hanya karena keadaan nasional, melainkan juga karena keadaan daerah. Jadi, jawaban Prabowo yang mengatakan pemimpin daerah harus mengurus inflasi daerah merupakan jawaban yang baik.

"Jawaban Mas Prabowo baik, tidak membuat rancu mana kewenangan pemerintah daerah, mana kewenangan nasional," katanya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto, bingung saat ditanya oleh Jokowi mengenai TPID, yang merupakan singkatan dari tim pengendali inflasi daerah. Bahkan, Prabowo kemudian balik bertanya apa TPID. “Apa yang dimaksud TPID, Pak?” tanya Prabowo dalam pemaparan visi dan misinya pada debat kedua di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Kebingungan itu kemudian cair setelah Jokowi menyebutkan bahwa TPID adalah singkatan dari tim pengendali inflasi daerah, dan Prabowo menjawab bahwa akar masalah terletak pada peningkatan peranan pemerintah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com