Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Dipangkas, Kementan Jamin Program Pertanian Tak Terganggu

Kompas.com - 17/06/2014, 15:26 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi IV DPR menyetujui pemotongan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 1,8 triliun. Pemotongan anggaran tersebut menurut Kementan tidak akan mengganggu program-program pertanian.

"Kami akan konsentrasikan pemangkasan ini kepada program-program yang tidak berpengaruh langsung terhadap produksi," ujar Menteri Pertanian, Suswono, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Suswono menjelaskan, pemotongan anggaran yang akan dilakukan Kementan lebih ditekankan kepada program-program yang bukan prioritas Kementan seperti perjalanan dinas, moratorium dan iklan. Namun, Suswono menyadari, pemotongan anggaran diprogram-program tadi tidak akan terlalu besar.

Jadi menurutnya, Kementan juga akan kembali nimbang program yang akan dipangkas. Meskipun belum merinci, Suswono berkomitmen untuk tidak akan memangkas program-program yang berdampak langsung terhadap produksi pertanian.

Dengan pemotongan ini maka anggaran Kementan dalam APBN-P 2014 menjadi sebesar Rp 13,6 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 15,4 triliun dalam APBN 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com