Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBN-P 2014 Disetujui, Subsidi Energi Capai Rp 453 Triliun

Kompas.com - 18/06/2014, 19:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Anggaran (Banggar) DPR menyepakati pemangkasan belanja anggaran pemerintah pada kementerian atau lembaga (K/L) dan penambahan alokasi subsidi energi berupa bahan bakar minyak (BBM) dan listrik.

Menurut Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit, APBN Perubahan (APBN-P) 2014 yang disepakati antara lain subsidi BBM sebesar Rp 350,3 triliun. Adapun jatah BBM subsidi mencapai 46 juta kiloliter (KL) dan subsidi listrik menjadi Rp 103 triliun.

Sementara itu, total subsidi energi tahun 2014 mencapai Rp 453,3 triliun dan subsidi nonenergi ditetapkan menjadi Rp 52,7 triliun. Di samping itu, rencana pemotongan anggaran belanja K/L yang sebelumnya Rp 100 triliun disetujui menjadi Rp 43 triliun.

"Porsi yang paling besar itu ada pada pemotongan perjalanan dinas," kata Ahmadi seusai rapat di Gedung DPR, Rabu (18/6/2014).

Lebih lanjut, Ahmadi menjelaskan, hasil pembahasan panitia kerja (panja) belanja Badan Anggaran bersama dengan pemerintah telah menyepakati terkait perubahan APBN 2014.

"Semua disetujui. Maka, hasil pembahasan ini telah disepakati dan ini selanjutnya akan disahkan dalam rapat paripurna malam ini juga," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com