Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIF Targetkan Pembiayaan Infrastruktur 400 Juta Dollar AS Tahun Ini

Kompas.com - 19/06/2014, 17:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menargetkan pembiayaan infrastruktur hingga mencapai 400 juta dollar hingga akhir tahun 2014 ini. Presiden Direktur IIF Sukatmo Padmosukarso mengatakan dengan pembiayaan melalui IIF, percepatan pembangunan infrastruktur.

"Tahun ini kita harapkan growth pembiayaan hingga 200 juta dollar AS, sehingga sampai akhir tahun bisa 400 juta dollar AS," kata Supadmo di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Menurut Sukatmo, sesuai dengan mandatnya, IIF akan terus fokus pada pembiayaan infrastruktur. Adapun proyek yang dibiayai antara lain jalan tol, infrastruktur telekomunikasi, listrik, dan gas. Secara spesifik, IIF membiayai proyek infrastruktur yang ramah lingkungan.

"Pasar infrastruktur di Indonesia sangat besar. Tapi swasta yang benar-benar mau turun dan memberi kredit masih terbatas. Kita menjadi jembatan bagi swasta untuk membiayai proyek itu," ujar Sukatmo.

Investasi infrastruktur di Indonesia hanya 3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Angka itu masih jauh lebih rendah dibandingkan India yang mencapai 7,5 persen dan Tiongkok 10 persen.

"Untuk KPS (Kerjasama Pemerintah dan Swasta, kami di samping memberi pembiayaan kepada swastanya, kami juga bantu pemerintah dalam membentuk advisory untuk menyiapkan proyek KPS dari sisi pemerintah," ujar Sukatmo.

Adapun dana hasil sindikasi dengan International Finance Corporation (IFC) bersama Standard Chartered Bank dan Deutsche Bank sebesar 250 juta dollar AS akan digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur antara lain jalan tol.

"Kami yang terbesar masih membiayai telekomunikasi, hampir 20 persen. Dana ini untuk membiayai jalan tol Cikampek-Palimanan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com