Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Variatif Mencoba Kenaikan pada Akhir Pekan

Kompas.com - 20/06/2014, 09:07 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan akan mencoba menguat di perdagangan pekan ini, Jumat (20/6/2014). Sentimen negatif berupa tekanan atas rupiah dan relatif sepinya aktivitas di lantai bursa dapat menjadi pengganjal kenaikan indeks.

Pasar saham AS melanjutkan reli penguatan, seiring optimisme The Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga rendah dalam jangka panjang. Penguatan itu diapresiasi dengan kenaikan indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,09 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,03 persen. Indeks S&P500 kembali mencetak rekor tertingginya.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga rendah AS. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar 0,04 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan 0,50 persen.

Sementara itu, di dalam negeri transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) relatif menurun, seiring gelaran Piala Dunia 2014 dan pemilu presiden yang semakin dekat. Di sisi lain, nilai tukar rupiah berbalik menguat, setelah mengalami tekanan dalam seminggu terakhir. Minimnya sentimen positif juga membuat pergerakan IHSG relatif terbatas.

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas mengatakan, IHSG diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks memasuki fase konsolidasi dan bergerak variatif tertahan di EMA 50 hari. Koreksi disebut sudah semakin terbatas.

Adapun indicator stochastic berpotensi membentuk golden cross. Hari ini indeks diperkirakan bergerak mixed to up dengan kenaikan terbatas. Indeks akan bergerak di kisaran support 4.849 dan resistance 4.890.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com