Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jokowi Presiden, Indosat Bisa Dibeli dengan Harga Murah"

Kompas.com - 23/06/2014, 13:17 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Megawati Institut sekaligus anggota tim pemenangan Jokowi-JK, Iman Sugema mengatakan, apabila Jokowi menjadi presiden, maka Indosat bisa dibeli dengan harga murah. Menurutnya, harga pembelian kembali Indosat sangat tergantung dari kebijakan pemerintah.

"Nanti pada saat Jokowi berkuasa, Indosat bisa dibeli dengan harga murah. Nilai Indosat sangat tergantung pada policy yang dibuat oleh pemerintah," ujar Iman Sugema kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (23/6/2014).

Iman menjelaskan, pembelian kembali Indosat merupakan salah satu usaha Jokowi dalam meningkatkan ketahanan nasional dimasa depan. Apabila hal tersebut mampu diwujudkan, maka negara dapat memanfaatkan satelit Indosat untuk kepentingan nasional.

Menurut Iman, meskipun saat ini saham mayoritas Indosat dipegang oleh Ooredoo (sebelumnya Qatar Telecom), tetapi Indonesia masih memiliki saham merah putih yang dapat melakukan hak veto. Dengan hak veto tersebut sebenarnya pemerintah dapat memanfaatkannya untuk kepentingan nasional.

Namun sayangnya, pemerintah belum memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan nasional saat ini. "Memang saat ini saham mayoritasnya dipegang Qatar, tapi kita masih punya saham merah putih, saham merah putih itu dimana posisi-posisi pejabatnya berasal dari kita, mereka punya hak veto untuk kepentingan nasional," katanya.

"Meskipun punya hak veto, tetapi itu tidak dimanfaatkan pemerintah. Oleh karena itu, untuk ketahanan nasional, Jokowi akan melakukan pembelian itu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com