Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran atas Dinamika Politik Ikut Lemahkan Rupiah

Kompas.com - 27/06/2014, 16:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menilai kekhawatiran akan kondisi politik pada periode pemilihan presiden turut melemahkan rupiah.

Saat ini rupiah berada pada posisi Rp 12.103 per dollar AS. Menurut Mirza, pasar mengharapkan pilpres dapat berjalan dengan baik. Selain itu, stabilitas politik dan kemanan juga diharapkan terjaga dengan baik. Presiden terpilih juga diharapkan akan melanjutkan reformasi ekonomi, hukum, dan birokrasi.

"Sekarang ini menurut hasil polling (persaingan capres) ketat. Jadi mungkin ada kekhawatiran bisa mengganggu stabilitas keamanan dan politik," kata Mirza di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Oleh karena itu, lanjut Mirza, bank sentral memiliki tugas untuk meyakinkan investor bahwa Indonesia dapat menyelenggaralan pilpres secara langsung dan berjalan dengan baik. Dalam pemilu legislatif 9 April lalu pun dapat dibuktikan berjalan dengan aman.

"Pilkada kan hampir setiap bulan. Pilkada semua tenang. Jadi tugas kita meyakinkan investor pasar keuangan bahwa negeri ini akan tetap aman, terkenadali. Situasi poltik juga akan terkendali semua aman, normal," papar Mirza.

Meskipun demikian, Mirza menilai tekanan rupiah karena faktor politik ini tidak akan terus berlangsung. "BI melihat tekanan yang terkait dengan politik sifatnya temporer," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com