Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Pemerintah Enggak Ngasih Subsidi, Saya Enggak Peduli...

Kompas.com - 01/07/2014, 09:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT KAI (Persero) Ignasius Jonan mengatakan, dirinya tidak peduli dengan pemerintah yang tidak memberikan dana public service obligation (PSO) untuk kereta api ekonomi jarak jauh dan menengah.

Padahal, KAI sudah mengusulkan adanya dana bantuan pemerintah bagi BUMN dalam usaha peningkatan pelayanan umum ini sebesar Rp 1,2 triliun.  “Pemerintah itu ngasih PSO, itu yang butuh pemerintah kok. Itu (subsidi) kan alat propaganda pemerintah,” katanya dalam CEO Speaks on Leadership Class di Binus University, Jakarta, Senin (30/6/2014).

“Pemerintah enggak ngasih subsidi, saya enggak peduli. You mau ngasih syukur, enggak ya alhamdulillah,” lanjut Jonan.

Sebagai informasi, pemerintah tidak memenuhi permintaan dana PSO yang diajukan KAI sebesar Rp 1,2 triliun. Pemerintah hanya mengucurkan dana Rp 871 miliar untuk memenuhi kebutuhan PSO dan Rp 352 miliar untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Akibatnya, pada 1 September 2014 mendatang, sebanyak 20 rute ekonomi jarak menengah dan jarak jauh di Jawa dan Sumatera mengalami kenaikan tarif berkisar Rp 20.000 hingga Rp 65.000. (baca: Mulai September 2014, Tarif KA Ekonomi Naik Lebih dari Dua Kali Lipat)

Informasi saja, PSO merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah karena adanya disparitas atau perbedaan harga pokok penjualan BUMN dengan harga atas produk atau jasa tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah agar pelayanan produk atau jasa tetap terjamin dan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat (publik).

baca juga:
Dirut PT KAI: Saya Menentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com